Mengenali dan Memecahkan Masalah Blue Screen Komputer

Bookmark and Share
Sebelumnya teman-teman pemilik laptop atau komputer pasti pernah ngalamin Blue Screen, Pada saat menginstall OS, Driver atau tiba-tiba blue screen sendiri, kemudian Restart. Nah dibawah ini ada sedikit pengenalan tentang arti dari penjelasan blue screen. :


  • NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pada pesan error ini, berarti masalah pada partisinya, kemunkinan dari filesystemnya. Coba teman-teman pakai metode manual, yaitu, cek kabel hardisknya. Apa ada yang kendur. Kalo masih, coba gunakan tool chcdsk.

  • DATA_BUS_ERROR

Kemungkinan pesan error ini berasal dari motherboard, cek slot di motherboard apakah ada yang kotor dari debu hingga menutupi slot motherboard. Karena debu dapat menghambat aliran listrik untuk daya pada slot di motherboard.

  • PEN_LIST_CORRUPT

Pada error ini, biasanya terjadi masalah pada RAM, apakah RAM rusak atau tidak. Coba buka RAM dan bersihkan Slotnya. Tips, bersihkan RAM menggunakan pengahpus untuk menetralkan dan membersihkan kotoran dan debu, dari sidik jari anda.

  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Kesalahan ini bisa disebabkan oleh pemasangan jumper yang salah, driver IDE controler yang salah , atau kesalahan pada saat installasi driver chipset

  • MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Pesan error diatas bisa disebabkan oleh kerusakan Prosesor, atau juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada power supply

  • BAD_POOL_CALLER

Kesalahan ini terjadi karena kesalahan pada saat menginstall atau mengupgrade driver, karena ini memaksakan sehingga komputer mengalami blue screen.
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Pesan ini terjadi karena ada kerusakan hardware pada komputer anda, bisa jadi RAM, VGA,  atau memory di prosesor (L2 Cache)

  • VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Kesalahan ini terjadi karena kesalahan driver dari video card atau VGA, karena driver tidak cocok saat teman-teman menginstallnya. Mungkin kesalahan Driver OS. Contoh: harusnya driver XP tapi yang di install driver vista.

  • UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Pesan ini muncul terjadi karena Prosesor terlalu panas, cek kipas prosesor. Bisa juga disebabkan karena overclocking yang melebihi performa batas prosesor. atau Karena masalah pada motherboard.
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) 

 Masalah ini terjadi bisa karena, pada saat menginstall driver, teman-teman menginstall driver yang salah. Lalu teman-teman menginstall lagi driver yang sesungguhnya (benar) sehingga driver yang lama tadi tertimpa oleh driver yang benar. dan ini menyebabkan bentrok atau saling bertumpuk sehingga menyebabkan blue screen. Ada lagi, bisa jadi kesalahan pada VGA atau Sound Card.

Kode-kode diatas adalah sebagai patokan kita untuk mengenali dan mengatasi masalah blue screen pada komputer kita. Semoga pedoman diatas dapat membantu memecahkan masalah blue screen yang teman-teman alami.

Terima Kasih...!!

Artikel yang berkaitan



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

silahkan kasih coment